Cara Cek IMEI Samsung, Ponsel Asli atau Palsu?

Cara Cek IMEI Samsung – Setiap pengguna smartphone pasti pernah mendengar istilah IMEI yang merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Namun sangat sedikit pengguna yang mengetahui apa itu IMEI dan juga kegunaannya. Biasanya  IMEI terdiri dari rangkaian nomor atau angka yang unik sebanyak 14 hingga 16 digit. Nomor IMEI tersebut terdapat di semua jenis smartphone dan karena kode IMEI ini bersifat unik, maka antara ponsel satu dengan ponsel lainnya memiliki kode IMEI yang berbeda-beda.

Pada tahun 2004 kode IMEI memiliki sebuah format khusus yang telah ditetapkan yaitu AA-BBBBBB-CCCCCC-D. Kode A dan B adalah Type Allocation Code (TAC) untuk menunjukkan waktu pembuat dan model dari ponsel tersebut. Seedangkan kode C adalah serial number yang diberikan dan untuk kode D merupakan checksum untuk verifikasi nomor IMEI tersebut.

Walaupun tak banyak orang yang tahu atau bahkan menghafal kode IMEI milik ponsel yang digunakannya, namun kode IMEI ini berperan sangat penting. Kode IMEI ini bisa dimanfaatkan utnuk mencari sebuah ponsel yang hilang dengan melacaknya menggunakan kode IMEI. Jadi mengingat pentingnya info IMEI berikut Detekno rangkumkan Cara Cek IMEI Samsung, simak ulasan berikut ini:

 

Cara Cek IMEI Samsung untuk Pastikan Ponsel Asli atau Palsu!

 

Pengertian kode IMEI

Kode IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Kode tersebut adalah identitas unik dari perangkat ponsel secara internasional. Sehingga setiap ponsel yang ada di seluruh dunia memiliki identitas masing – masing yang tidak pernah akan sama. Memiliki sistem penomoran yang unik maka tidak heran jika  kode IMEI sering dicantumkan pada dus box, nota pembelian, ataupun nota garansi untuk keperluan identifikasi ponsel tersebut. Ciri khas dari kode IMEI adalah susunan angka yang terdiri dari 14 sampai 16 digit namun untuk ponsel keluaran terbaru biasanya memiliki 16 digit.

Cara Cek IMEI Samsung

Cara Cek IMEI Samsung

Fungsi kode IMEI

Perusahaan ponsel membuat kode IMEI dalam standar jenis type allocation code (TAC). Deretan angka – angka dalam format khusus ini jika dibaca secara khusus akan dapat menunjukkan tipe atau model ponsel serta perusahaan yang membuatnya. Fungsi utama dari kode IMEI adalah untuk identifikasi ponsel namun tidak hanya itu saja, karena kode IMEI juga bisa digunakan untuk pemblokiran ponsel ketika ada yang menyalahgunakan ponsel tersebut. Jadi, apabila ponsel tiba-tiba hilang atau dicuri, maka pengguna bisa segera melaporkan kode IMEI tersebut ke pihak provider untuk dilakukan pemblokiran agar pencuri tidak bisa mengakses ponsel. Fungsi lain dari IMEI adalah untuk mengetahui apakah ponsel yang pengguna miliki tersebut asli atau palsu. Jika ponsel Samsung asli maka nomor IMEI akan tertera dengan jelas dan jika ponsel tersebut palsu maka pada saat dilakukan proses pengecekan nomor IMEI pada ponsel tersebut tidak akan tampil.

Cara Cek IMEI Samsung

IMEI Samsung

Cara Cek IMEI Samsung

Untuk mengecek berapakah nomor atau kode IMEI pada ponsel Samsung, bisa menggunakan tiga Cara Cek IMEI Samsung. Pastikan mengikuti langkah – langkah berikut ini dengan seksama agar kode IMEI bisa muncul :

1. Melalui Keypad

  • Tips pertama yang bisa dilakukan dengan mudah adalah dengan menggunakan fasilitas keypad.
  • Buka tombol keypad dan tekan kode *#06#.
  • Setelah itu lanjutkan dengan menekan tombol call.
  • Tunggu beberapa saat dan kode IMEI akan segera tampil di layar.
  • Pastikan untuk segera mencatat atau menyimpan kode IMEI tersebut jika kode sudah muncul.
  • Cara Cek IMEI Samsung ini berlaku untuk semua jenis ponsel dengan berbagai tipe.

 

2. Melalui Setting

  • Tips kedua bisa dilakukan dengan cepat melalui menu setting yang tersedia.
  • Pada menu aplikasi, buka menu.
  • Kemudian lanjutkan dengan mencari menu About Phone.
  • Dan setelah itu lanjutkan dengan mencari kode IMEI.
  • Setelah mengetahui kode IMEI Samsung, maka bisa melanjutkan dengan mengunjungi website IMEI.info. Situs ini akan menampilkan berbagai info yang lebih rinci mengenai kode IMEI, model ponsel, hingga perusahaan pembuat serta tahun dirilis.
  • DAn lagi, pastikan untuk segera mencatat atau menyimpan kode IMEI tersebut jika kode sudah muncul.

 

3. Melaui Kotak Handphone (Dus Box)

Cara Cek IMEI Samsung terakhir yang bisa dilakukan dengan mudah adalah dengan melihat nomor IMEI pada kotak dus ponsel. Dus box ponsel ternyata memiliki manfaat yakni untuk mengetahui informasi mengenai IMEI. Pas dus box silahkan cari bagian yang memilki tanda barcode garis untuk melihat serial number IMEI.

Cara Cek IMEI Samsung

Tips Cek IMEI Samsung

 

Bagaimana? mudah bukan  Cara Cek IMEI Samsung yang telah Detekno jelaskan? Disini pengguna ponsel Samsung dapat memilih cara mana yang dianggap paling mudah dan memungkinkan untuk dilakukan. Sebaiknya jangan lupa untuk mencatat kode jika nomor IMEI sudah diketahui segera catat dan simpan nomor IMEI ponsel Samsung tersebut untuk berjaga-jaga agar bisa digunakan ketika ponsel Samsung hilang atau saat ponsel dicuri. Pastikan untuk tidak menyebarkan nomor IMEI kepada orang lain agar tidak disalah gunakan.

 

Demikian informasi mengenai Cara Cek IMEI Samsung yang telah Detekno rangkumkan dan cara ini bisa dilakukan dengan mudah, aman dan cepat untuk mengetahui nomor serial IMEI pada ponsel Samsung. Semoga informasi ini dapat dijadikan referensi bagi para pembaca yang ingin mengetahui bagaimana Cara Cek IMEI Samsung. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!