Cara Cek Garansi Xiaomi, Jangan Tertipu Stiker TAM Abal-Abal!

Cara Cek Garansi Xiaomi – Perusahaan yang berasal dari Negeri Tirai Bambu ini diklaim menjadi salah satu vendor smartphone yang laris saat ini termasuk di Indonesia. Salah satu kelebihan jika membeli produk Xiaomi adalah perusahaan ini akan memberikan waktu garansi yang lebih lama. Garansi menjadi salah satu hal yang penting saat membeli barang elektronik karena jika terjadi masalah, pengguna dapat dengan mudah memerbaiki perangkat yang bermasalah tersebut dengan mudah. Warranty atau garansi adalah surat yang menyatakan jika terjadi beberapa kerusakan ringan yang disebabkan karena ponsel terjatuh, tergencet, terkena air atau karena sebab lain. Maka dari itu dengan menggunakan garansi pengguna dapat menikmati sejumlah fasilitas garansi yang diberikan oleh perusahan yang bersangkutan.

Perlu sobat Detekno ketahui bahwa adalah PT Erajaya Swasembada Tbk. “Erajaya” adalah mitra resmi dari Xiaomi dan pihak yang bertugas untuk mengelola distribusi smartphone Xiaomi adalah PT Teletama Artha Mandiri atau yang sering dikenal dengan sebutan “TAM” dimana perusahaan ini merupakan anak buah dari Erajaya. Biasanya pada dusbox ponsel Xiaomi yang resmi tersedia stiker TAM, jika terdapat selain dari itu berarti produk tersebut bukan garansi resmi yang dipegang oleh TAM sebagai distributor resmi Xiaomi, melainkan garansi dari distributor independen atau biasa kita kenal garansi distributor.

Namun perlu di perhatikan bahwa kartu garansi dapat digunakan jika masa berlaku tersebut masih dalam masa pemakaian sesuai dengan tempo waktu yang diberikan. Namun tidak sedikit yang masih salah paham dan kesulitan untuk mengetahui cara cek garansi Xiaomi. Tidak jarang penguna ponsel Xiaomi mengalami kesulitan untuk mendapatkan informasi mengenai layanan masa berlaku garansi. Cara untuk mengetahui garansi HP Xiaomi sebetulnya tidak terlalu sulit. Artikel kali ini Detekno akan membahas bagaimana Cara Cek Garansi Xiaomi untuk semua tipe yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

 

Cara Cek Garansi Xiaomi, Asli atau Palsu? Jangan Tertipu Stiker TAM Abal-Abal!

 

Cara untuk mengetahui masa garansi ponsel Xiaomi sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Xiaomi sendiri merupakan vendor smartphone yang cukup tenama daat ini dengan memiliki smartphone kelas bawah, menengah, dan atas yang bisa dipastikan perangkatnya memiliki garansi selama membeli secara resmi. Namun bagi pengguna yang baru memiliki ponsel buatan Xiaomi mungkin belum banyak mengetahui dan penasaran dengan masa berlaku garansi yang dimiliki oleh smartphone yang telah dibelinya. Berikut ini merupakan cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui masa garansi dan juga untuk mengetahui keaslian dari ponsel Xiaomi yang telah dibeli :

1. Layanan Xiaomi Melalui Webiste

Cara untuk mendapatkan informasi garansi yang paling akurat dari produk Xiaomi adalah melalui website resmi yang telah disediakan oleh pihak Xiaomi. Berikut langkah-langkanya :

  • Kunjungi laman resmi Xiaomi buy.mi.com/id/registration
  • Masukan Imei, cara mengetahui cek pada dusbox bagian belakang atau langsung melalui smartphone dengan mengetik dial *#06#
  • Setelah itu klik Lanjutkan
  • Pada laman ini kita bisa melihat keterangan, dengan bertuliskan Mandarin (C3B-ID CMCU 印尼Erajaya版 (1.4G 2G 16G 金色) Jika di terjemahkan (C3B-ID CMCU Edisi Erajaya Indonesia (1.4G 2G 16G Gold)) dan juga disana tertulis negara pembelian dari Indonesia.
Cara Cek Garansi Xiaomi

Cek IMEI Xiaomi

  • Selanjutnya pada kolom yang telah disediakan masukkan kode imei ponsel Xiaomi yang tadi telah di cari dan jangan lupa isikan kode validasi yang telah disediakan.
  • Tunggu beberapa saat karena situs akan loading dan mulai mencari data. Jika proses telah selesai maka situs tersebut akan menampilkan informasi lengkap smartphone Xiaomi yang digunakan, mulai dari spesifikasi hardware, tahun pembuatan hingga waktu garansi akan
  • Jika kode IMEI muncul maka smartphone Xiaomi diatas adalah resmi, serta pada situs tersebut tertulis Erajaya yang kita ketahui adalah mitra resmi Xiaomi dan benar bahwa membelinya di Indonesia.
Cara Cek Garansi Xiaomi

Garansi Xiaomi

2. Cek Pada Dusbox

Cara mudah melihat perbedaan resmi apa tidak, bisa cek Dus Box bagian belakang, disana akan tertulis tempat produksi dan untuk siapa dikirim. Untuk saat ini ponsel Xiaomi yang resmi hanya di produksi oleh PT. SAT NUSAPERSADA Tbk. yang berlokasi di Jl. Pelita VI. No. 99 Batam, Kepulauan Riau, Indonesia. untuk dikirim ke PT. ERAJAYA SWASEMBADA Tbk.

Cara Cek Garansi Xiaomi

Dus Box Xiaomi

3. Cek Melalui Situs Sertifikasi Ditjen SDPPI

Beberapa waktu yang lalu pemerintah Kementerian Komunikasi dan Informatika mengeluarkan informasi tentang cara untuk membedakan ponsel ilegal dan legal, caranya pun juga terbilang mudah. Ikuti tutorialnya di bawah ini :

  • Kunjungi laman postel.go.id/index.php?/sertifikat
  • Kemudian masukan nomor sertifikasi, Contoh (12345/SDPPI/2017) nomor tersebut berada pada dusbox smartphone.
  • Jika resmi dari TAM, pada kolom customer akan tecantum ERAJAYA SWASEMBADA, Tbk., PT.
Cara Cek Garansi Xiaomi

Xiaomi

4. Cek Imei Melalui Situs Kemenperin

Setelah Ditjen SDPPI di umumkan beberapa waktu lalu, sekarang Kementerian Perindustrian (Kemenperin) baru saja mengumumkan halaman yang dimana Anda bisa memeriksa bahwa smartphone Anda resmi atau tidak, menggunakan International Mobile Equipment Identity (Imei).

  • Untuk mengetahui Imei, caranya dial *#06#
  • Kunjungi halaman http://kemenperin.go.id/imei
  • Masukan Imei smartphone Anda kemudian, klik tombol Simpan
  • Nantinya jika resmi akan tertulis seperti gambar dibawah.

 

5. Layanan imei.info

Selain digunakan untuk mengetahui nomor IMEI, layanan dari imei.info juga mencakup pengecekan garansi ponsel buatan dari vendor Xiaomi. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memeriksa garansi dan informasi lain tentang ponsel Xiaomi. Cara cek garansi Xiaomi ini gratis, namun pengguna harus memiliki account dan lakukan login bila akan melakukan pengecekan. Pertama masukkan nomer IMEI ponsel Xiaomi yang akan diperiksa. Klik tombol “Warranty” di samping data ponsel. Kemudian masukkan 10 digit karakter dari nomor seri (serial number). Nomor seri dapat ditemukan pada label di dalam unit ponsel tepat, di bawah banya di bawah baterai dan klik tombol “Check Xiaomi Phone Details”.

Cara Cek Garansi Xiaomi

Cara Cek Garansi Xiaomi

Cara diatas sangat sederhana dan tidak rumit untuk dilakukan, demikian informasi mengenai Cara Cek Garansi Xiaomi yang telah Detekno rangkumkan. Tutotial dan Tips tersebut bisa dilakukan dengan mudah dan cepat untuk mengetahui masa berlaku garansi dan keaslian ponsel Xiaomi yang sobat Detekno miliki. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bagi sobat Detekno yang ingin mengetahui bagaimana Cara Cek Garansi Xiaomi di tahun 2018.