Cara Bypass Samsung J5, Tanpa PC ataupun Kabel OTG!

Cara Bypass Samsung J5 – Samsung menjadi produk smartphone yang paling laris dan salah satu ponsel Samsung yang cukup laris adalah J series karena ponsel ini tidak dibanderol dengan harga yang terlalu tinggi. Namun ada beberapa orang yang membeli ponsel Samsung dalam kondisi tidak baru (bekas/second) sehingga terkadang terdapat permasalahan ketika akan menggunakan ponsel tersebut.

Salah satu masalah yang sering ditemukan saat membeli ponsel bekas adalah kondisi ponsel Samsung yang terlock FRP akun Google. Jika mengalami masalah ini jangan langsung panik karena ada beberapa solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Factory reset protection (FRP) adalah sebuah sistem keamanan google yang tertanam dalam perangkat android dengan tujuan untuk melindungi smartphone dan semua data-data penting agar tidak di salah gunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab apabila smartpone tersebut hilang ataupun dicuri.

Sebagai contoh ulasan dibawah ini akan menggunakan Samsung J5 SM-J500G , namun cara ini juga dapat digunakan pada semua ponsel Samsung Galaxy Series. Pada artikel kali ini Detekno akan memberikan beberapa turorial Cara Bypass Samsung J5 khususnya untuk ponsel merk Samsung yang dirilis pada tahun 2015, 2016, dan juga 2017 yang menggunakan OS Android Lollipop, Marshmallow maupun OS Android 7 Nougat.

 

Cara Bypass Samsung J5 Tanpa PC dan Tanpa Kabel USB

 

Fitur ini bertujuan untuk mengamankan dari reset yang tidak di inginkan saat ponsel dalam kondisi hilang ataupun di curi. FRP aktif ketika melakukan reset melalui “Boot Recovery” atau melalui reset saat lupa Pin/Lock Screen. Sehingga ketika di reset melalui cara tersebut maka pemilik ponsel akan di minta untuk melakukan verifikasi account gmail yang di gunakan ponsel tersebut sebelumnya. Berikut ini adalah cara menghapus atau Bypass Samsung J5 frp google melewati verifikasi akun google.

Cara Bypass Samsung J5

Factory Reset Protection (FRP) di Samsung J5

Langkah pertama yang harus diakukan adalah berikut ini :

  1. Tekan tombol power agar ponsel Samsung J5 menyala dan pada tampilan “Selamat Datang” silahkan pilih bahasa dan klik tanda panah untuk melanjutkan.
  2. Sambungkan ponsel Samsung J5 ke jaringan hotspot wifi yang tersedia. Setelah terhubung silahkan lanjutkan dengan klik tombol Next.
  3. Selanjutnya akan muncul tulisan Terms and Conditions lalu pilih next.
  4. Pada saat muncul Checking Connection, maka cepat-cepatlah matikan jaringan hospot pada ponsel Samsung J5. Tujuannya adalah agar ponsel yang terkena frp melakukan loading dan memunculkan menu untuk mengatur kunci layar di lockscreen. Setelah ponsel gagal memeriksa pembaruan system maka akan muncul notif gagal memeriksa pembaruan, maka silahkan klik Next.
  5. Tunggu hingga proses selesai dan muncul Couldn’t sign in, kemudian lanjutkan dengan klik next.
  6. Setelah muncul menu untuk mengatur kunci layar/lockscreen. Maka silahkan isi nama anda dan klik Next. Selanjutnya buatlah pola kunci layar yang sederhana saja agar muda di ingat. Setelah selesai buat pola, tekan back sampai kelayar awal ponsel yang bertuliskan Welcome/Selamat Datang.
  7. Lanjutkan dengan klik next hingga proses kembali lagi ke awal Welcome ketika memilih opsi bahasa.
  8. Matikan ponsel Samsung J5 kemudian masukkan kartu SIM yang telah di siapkan sebelumnya.
  9. Nyalakan kembali ponsel Samsung J5, setelah ponsel menyala Swipe Gambar Telpon pada bagian kiri paling bawah.
  10. Lakukan panggilan telepon ke 123 atau 112 untuk Emergency number.
  11. Ketika melakukan proses telepon geser ke kanan hingga muncul tampilan Internet.
  12. Jika sudah muncul pilihan Browser maka pilih saja browser Chrome.
  13. Download ES File Explorer melalui browser chrome dan tunggu hingga muncul pop up download. Jika proses download telah selesai maka lanjutkan dengan membuka file tersebut.
  14. Install Blocked pilih Settings kemudian pilih Unknown Sources.
  15. Install ES File apk lalu buka.
  16. Pertama cari terlebih dahulu file apk di ES File tadi kemudian install (selesai di install jangan langsung di buka).
  17. Install lagi yang kedua apk dan jika sudah buka FrpBypass ini kemudian tap bagian kanan atas dan tap lagi Browser sign-in.
  18. Usahakan untuk memasukan alamat email yang aktif serta sandi yang benar-benar di ingat.

    Cara Bypass Samsung J5

    Cara Bypass Samsung J5

  19. Setelah berhasil masuk ke browser, tekan back sampai ke tampilan welcome/selamat datang pada layar awal, dan lanjutkan untuk menyelesaikan pengaturan awal seperti biasa. Ikuti saja petunjuk yang ada di ponsel Samsung J5. Nah, pada saat masuk ke tampilan untuk memverifikasi akun google maka anda akan melihat tulisan bahwa “Akun telah di tambahkan”. Silahkan lanjutkan prosesnya sampai ponsel berhasil masuk ke tampilan homescreen.
  20. Setelah selesai melakukan semua proses di atas dan tidak terjadi error maka lanjutkan dengan merestart ponsel Samsung
  21. Tunggu beberapa saat dan jika sudah muncul pilihan bahasa lanjutkan dengan klik next – next hingga muncul Account Added dan kemudian pilih next lagi.
  22. Jika pada proses selanjutnya muncul lagi pilihan Which device, maka pilih don’t restore.
  23. Ikuti dan lanjutkan proses next – next hingga bisa masuk pada tampilan saat seperti awal membeli ponsel Samsung J5.
  24. Selesai.
Cara Bypass Samsung J5

Samsung J5

Cara ini sangat sederhana dan tidak rumit karena pengguna Samsung J5 SM-J500G tidak memerlukan komputer PC ataupun kabel OTG untuk bisa melakukan Bypass di ponsel Samsung series J5. Demikian informasi mengenai Cara Bypass Samsung J5 yang telah Detekno rangkumkan dan cara ini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat agar ponsel Samsung J5 dapat berfungsi kembali dengan lancar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bagi para pembaca yang ingin mengetahui bagaimana Cara Bypass Samsung J5 di Smartphone Samsung Tanpa PC dan Tanpa Kabel USB.