3 Tips Cara Blokir Nomor Telepon yang Tidak Dikenal dengan Cepat

Cara Blokir Nomor Telepon yang Tidak DikenalBelakangan ini warganet di Indonesia mengeluhkan tentang adanya panggilan misterius yang masuk ke nomor pribadi mereka. Namun panggilan tersebut ternyata adalah scam atau sekedar penipuan saja yang kabarnya berasal dari negara asing seperti Negara Kenya atau Kongo. Panggilan telepon yang masuk dari nomor luar negeri merupakan hal yang wajar, terlebih lagi jika memang memiliki relasi atau kerabat di sana. Namun perlu diwaspadai jika ada nomor asing dan tidak dikenal yang menelepon karena bisa jadi telepon tersebut hanya sekesar modus penipuan yang berbasis panggilan premium saja. Lantas bagaimana cara blokir nomor telepon yang tidak dikenal agar tidak mengganggu dan merugikan? Simak informasi selengkapnya berikut ini :

 

3 Tips Cara Blokir Nomor Telepon yang Tidak Dikenal dengan Cepat

 

Permulaannya penipu akan menelepon nomor secara acak, kemudian apabila korbannya terjebak dan berbalik melakukan panggilan, maka pulsa yang digunakan tersebut akan tersedot. Teknik yang sering digunakan tersebut adalah Call-back Scam, dimana penipu akan terus menerus menelepon korbannya. Namun darimana penipu bisa mendapatkan nomor telepon korban? Hal itu bisa terjadi karena seseorang menuliskan nomor pribadinya di Internet dan ada beberapa oknum yang bertugas untuk mengambil nomor di internet melalui software. Maka sebaiknya tidak asal mencamtumkan nomor ponsel pribadi di internet, karena hal tersebut dapat merugikan diri sendiri.

 

Antisipasi : Cek dan Blokir

 

Salah satu hal yang harus dipastikan jangan terburu menerima bila ada telepon dari luar negeri, lakukan pengecekan terlebih dahulu pada nomor asing yang menelepon. Ada beberapa orang pasti sering mendapat panggilan telepon atau pesan SMS dari nomor yang tidak dikenal dengan tujuan untuk menipu, atau menawarkan SMS konten dan bisa jadi hanya keusilan saja.

 

Namun jika nomor tidak dikenal tersebut menelepon dan mengirimkan SMS tanpa henti maka lebih baik untuk memblokir nomor tersebut. Mungkin ada beberapa jenis ponsel yang tidak memiliki fitur blokir telepon, tapi jangan khawatir karena di Google Play ataupun Apple Store tersedia beberapa aplikasi untuk memblokir nomor asing seperti Call Blacklist atau Call Blocker.

 

Baca Juga : Ponsel Android Hilang? Simak Berikut Cara Mudah Melacak HP Android yang Hilang dengan Cepat

Cara Cepat Blokir Nomor Tidak Dikenal

1. Cara pemblokiran dapat dilakukan dengan mudah melalui menu Panggilan atau Call. Pertama pilih nomor yang ingin diblokir, lalu klik nomor tersebut.

Cara Blokir Nomor Telepon yang Tidak Dikenal

Cara Pemblokiran Menggunakan Menu Panggilan

2. Selanjutnya klik Call Details dan pilih Block Number, kemudian nomor tersebut akan secara otomatis terblokir dan nomor tersebut tidak akan bisa menelepon atau mengirimkan SMS.

Cara Blokir Nomor Telepon yang Tidak Dikenal

Block Number

3. Cara lain untuk memblokir nomor bisa dilakukan melalui menu “Messages atau Pesan”. Caranya klik pesan tersebut dan klik ikon di ujung kanan atas untuk memblokir nomor pengirim. Namun sekedar informasi, setiap ponsel memiliki pengaturan yang berbeda sehingga pengguna bisa melakukan pengecekan di menupengaturan ponsel terlebih dahulu.

Cara Blokir Nomor Telepon yang Tidak Dikenal

Blokir pada Menu Messages

Sumber : Liputan6