BQ Aquaris X5, Ponsel Cyanogen OS Usung Snapdragon 412

Detekno.com – Satu lagi smartphone Android asal Eropa yaitu BQ Aquaris X5. Smartphone ini menawarkan spesifikasi yang tak bisa dianggap remeh, karena didalamnya tersimpan konfigurasi hardware canggih yang memadukan chipset Qualcomm Snapdragon 412 dengan Ram 2GB dan processor Quad Core 1.4 Ghz berteknologi 64 Bit. Tidak hanya mengandalkan komponen hardware terbaik, BQ Aquaris X5 juga menawarkan 2 pilihan sistem operasi, yaitu OS Android standard dan OS Android Cyanogen yang dikustomisasi dari Android Lollipop terbaru.

Smartphone BQ Aquaris X5

Smartphone BQ Aquaris X5 | Sumber : bq.com

Hadirnya sistem operasi CyanogenOS menjadi salah satu kelebihan BQ Aquaris X5 untuk bersaing melawan smartphone yang sama-sama berasal dari Eropa, seperti Alcatel, Wiko, dll. Selain itu, smartphone ini juga memiliki daya tarik pada segi desain, dimana desainnya mengadopsi material logam yang dibuat dengan teknik  nano moulding technology (NMT) untuk menghasilkan desain presisi yang terlihat lebih premium dan mewah. Menariknya lagi, smartphone ini dibuat dengan body tipis berketebalan 7.5 mm dan memiliki berat 148 gram.

Dimensi smartphone ini memiliki rasio (pxlxt) berukuran 70,5 x 144,4 x 7,5 mm, dan dibalut layar berdiagonal 5 inci yang mendukung 5 titik sentuhan dan dilapisi pelindung anti gores bertipe Dragontrail Glass. Sementara untuk resolusi layarnya memiliki resolusi 720 x 1280 pixels dengan kepadatan layar mencapai 294 pixel per inci, dan diklaim mampu menghasilkan Quantum Color beserta NTSC 85%. Kemudian untuk sektor baterai, sudah disediakan baterai Li-Po berdaya 2.900 mah.

Smartphone BQ Aquaris X5 juga dibekali memori internal 16 GB, dan slot memori ekternal berdaya tampung 32GB. Sebenarnya BQ juga menyediakan varian Aquaris X5 32GB, namun untuk tipe ini sepertinya masih menunggu waktu untuk dirilis kepasaran. Begitu pula dengan Aquaris X5 Cyanogen Edition yang sampai saat ini belum diketahui berapa harga resminya. Selanjutnya untuk sektor konektivitas, smartphone ini dilengkapi 2 slot kartu sim dan dukungan untuk mengakses jaringan 4G LTE, 3G HSDPA+, dan 2G GSM.

Selain konektivitas 4G LTE, smartphone BQ Aquari X5 juga dilengkapi fitur USB-OTG, Bluetooth® 4.0, GPS + GLONASS, dan Wi-Fi 802.11 b/g/n. Tidak hanya itu saja, smartphone ini juga dilengkapi fitur audio mumpuni, dengan mengandalkan teknologi Dolby Atmos yang mampu mengeluarkan suara lebih jernih ketika smartphone ini dipakai menikmati konten multimedia. Selain itu, disediakan pula 2 microphones untuk menjernihkan panggilan telepon saat dipakai telepon di lokasi yang bising.

BQ Aquaris X5

BQ Aquaris X5 | Sumber : bq.com

Sobat deteknokers jangan heran apabila harga BQ Aquaris X5 dibanerol cukup mahal, pasalnya smartphone ini memiliki kamera 13 Megapixel dengan sensor Sony IMX214 yang diperkuat oleh fitur dual led flash, autofocus, aperture f/2.0, dan kemampuan untuk mengabadikan video pada resolusi Full HD (1080p). Sedangkan untuk kamera bagian depan, memakai sensor Samsung 5E2 berkekuatan 5 Megapixel yang sama-sama dibekali LED Flash untuk memaksimalkan kebutuhan foto selfie dimalam hari.

Menurut informasi resmi yang kami lansir dari website BQ, harga smartphone ini dibanderol mulai EUR 230 atau setara Rp. 3.3 Jutaan. Sayangnya BQ Aquaris X5 baru tersedia untuk wilayah Spanyol, lalu akan dirilis ke UK dan Jerman setelahnya. Belum ada kabar apakah nantinya smartphone yang ditenagai Chipset Snapdragon 412 dan Cyanogen OS 12.1 ini dirilis ke wilayah Asia, termasuk ke Indonesia. Jadi bagi sobat yang tertarik membelinya harus bersabar, dan jangan terlalu berharap banyak yah 😀


Advertisement