BQ Aquaris M10 Ubuntu Edition, Tablet Ubuntu Pertama Di Dunia

Banner

Detekno.com – BQ Aquaris M10 Ubuntu Edition merupakan tablet pertama didunia yang mengusung sistem operasi Ubuntu. Seperti yang kita ketahui bersama, Ubuntu merupakan sistem operasi berbasis Linux yang cukup populer dikalangan pengguna komputer, karena menawarkan kemudahan pengoperasian dan memiliki ekosistem aplikasi sangat lengkap, layaknya sistem operasi Windows. Nah kali ini sobat deteknokers sudah bisa merasakan segala fitur yang ada di dalam OS Ubuntu pada sebuah perangkat berlayar sentuh yang memiliki layar berukuran 10.1 inci.

Layar tablet BQ Aquaris M10 Ubuntu Edition telah mengusung teknologi IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi Full HD 1920 x 1200 pixels, sehingga kualitas gambarnya akan cukup jernih dan cocok sobat pakai menikmati konten multimedia, serta dipakai untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Sementara untuk dapur pacunya, tablet ini didukung chipset MediaTek MT8163A yang dipadukan processor Quad Core 1.5 Ghz dan Ram berkapasitas 2GB. Selain itu, tersedia pula memori internal 16GB yang bisa diperluas mencapai 64GB.

BQ Aquaris M10 Ubuntu Edition

BQ Aquaris M10 Ubuntu Edition

Spesifikasi tablet BQ Aquaris M10 Ubuntu Edition cukup cepat, dan pastinya mampu menjalankan sistem operasi Ubuntu dengan lancar. Yang tak kalah menarik, tablet ini juga dibekali baterai berkapasitas sangat besar, yakni mengadopsi baterai Li-Po berdaya 7.280 mAh yang siap sobat pakai untuk menikmati konten multimedia, ataupun browsing di dunia maya. Nah untuk urusan multimedia, tablet ini telah dibekali speaker menghadap kedepan dengan teknologi Dolby Atmos yang dipersiapkan untuk mengoptimalkan keluaran suara agar terdengar semakin maksimal.

Fitur-fitur yang dibawa tablet ini juga sangat lengkap, seperti Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth, port HDMI, dan sudah mendukung USB OTG. Namun sayangnya tablet ini belum mendukung konektivitas seluler, sehingga akses internetnya hanya mengandalkan jaringan Wi-Fi. Menariknya lagi, tablet BQ Aquaris M10 Ubuntu Edition bisa difungsikan sebagai perangkat komputer, dengan cara menghubungkan tablet ini ke layar monitor melalui port micro HDMI. Lalu sobat bisa mengkoneksikannya ke keyboard dan mouse melalui konektivitas Bluetooth.

Lebih hebatnya lagi, tablet Ubuntu ini telah dibekali kamera utama 8 Megapixel dengan fitur autofocus, serta kamera depan 5 Megapixel. Jadi sobat deteknokers bisa mengandalkan tablet ini untuk berfoto selfie, dan memenuhi kebutuhan fotografi, ataupun merekam video dengan kualitas maksimum beresolusi Full HD (1080p). Dilansir dari situs ubuntu.com, tablet ini juga memiliki desain tipis yang terlihat minimalis dengan bodi berdimensi 246 x 171 x 8.2mm, dan memiliki bobot seberat 470 gram.

BQ sendiri berasal dari Spanyol, jadi kemungkinan tablet ini tidak akan dipasarkan di Indonesia. Nah untuk harganya sendiri, BQ membanderol harga BQ Aquaris M10 Ubuntu Edition dengan harga sekitar 250 Euro atau setara Rp 3,7 jutaan. Tablet ini kabarnya akan tersedia secara global melalui situs resmi BQ pada kuartal kedua ditahun 2016. Jadi bagi sobat yang tertarik mencoba kehebatan tablet bersistem operasi Ubuntu ini, sobat bisa membelinya secara online pada alamat https://store.bq.com/gl.


Advertisement