Bluetooth 5 Akan Usung Performa Dua Kali Lebih Cepat

Banner

Detekno.com – Bluetooth memang memegang peranan sentral dalam tiap smartphone masa kini karena tak semua dibekali dengan NFC maupun Wifi Direct. Untuk kelas low end tentunya mentransfer file antar smartphone lebih mudah menggunakan Bluetooth. Saat ini versi Bluetooth yang terbaru ada versi 4, namun tahukah sobat bahwa Bluetooth 5  sudah mulai diperkenalkan?

Kabar ini kami lansir dari situs AndroidCentral (17/6/2016) yang menginformasikan bahwa Bluetooth Special Interest Group (SIG) telah mengumumkan rincian dari Bluetooth 5. Versi berikutnya ini kabarnya akan memiliki kecepatan transfer data dua kali lipat dan empat kali lipat jarak kirim dibanding Bluetooth 4.

Bluetooth 5

Bluetooth 5

Kemampuan kecepatan transfer data dua kali lipat tentunya memudahkan ketika deteknokers mengirim file yang cukup besar. Keunggulan lain tentunya jarak cakupan Bluetooth 5 yang lebuh luas yaitu empat kali lipat sehingga lebih mudah digunakan dalam berbagai situasi.

Rencananya Bluetooth versi terbaru ini akan dirilis dalam rentang waktu akhir tahun 2016 hingga awal 2017. Tentunya saat peluncurannya nanti SIG akan menggandeng beberapa vendor terkemuka yang akan disandingkan dengan Bluetooth versi 5.

Perubahan besar juga disajikan dengan fitur connectionless IoT yang mengubah cara kirim file tradisional. Sistem app-paired-to-device akan dihapuskan dan diganti dengan connectionless IoT. Sistem baru ini lebih mudah digunakan karena pengguna hanya perlu mendownload aplikasi dan dapat digunakan selamanya. Jika ingin mengirim data tak perlu melakukan pairing karena sistemnya sama seperti Wifi Direct.

Untuk kapasitas broadcast messaging juga dierluas hingga 8 kali lipat sehingga untuk penyebaran file lebih mudah dan cepat.  Bluetooth 5 akan lebih memudahkan penyebaran informasi dengan sistem location-based services baik saat pengguna berada di rumah maupun kantor.

Kemungkinan besar pemanfaatan Bluetooth versi 5 akan menyebar hingga dunia maya jadi pada masa depan dapat digunakan untuk navigasi kebeberapa pin poin penting. Fungsi lain dapat diperluas untuk pengiriman data penting secara aman jika memang dibutuhkan. Memang sampai saat ini belum dijabarkan secara detail skema dan aplikasi apa yang akan dipakai, minimal dengan hadirnya Bluetooth 5 proses pengiriman file dapat lebih cepat.


Advertisement