Bluetooth 5 Akan Tersedia Pada Akhir Tahun 2016

Detekno.com – SIG alias Bluetooth Special Interest Group mengumumkan bahwa Bluetooth 5 yang tidak lain generasi terbaru dari Bluetooth 4 yang sudah lama berada dipasaran akan segera tersedia pada Akhir tahun 2016 atau awal tahun 2017 mendatang. Konektivitas Bluetooth memang menjadi sebuah komunikasi nirkabel jarak pendek yang sering kali kita pakai jika ingin berbagi data dengan pengguna Smartphone lainnya.

Dilansir dari halaman Business Wire, Bluetooth 5 akan hadir dengan jangkauan 4 kali lipat lebih luas, memiliki kapasitas data hingga 800 persen serta punya kecepatan 2 kali lipat lebih baik dari generasi Bluetooth yang sekarang kita pakai. Bahkan Mark Power selaku Executive Director Of the Bluetooth SIG mengungkapkan bahwa Bluetooth 5 akan mengubah pengalaman pengguna di era internet of things alias IoT.

Bluetooth 5 Akan Tersedia Pada Akhir Tahun 2016

Bluetooth 5 Akan Tersedia Pada Akhir Tahun 2016

Jika kita bayangkan, spesifikasi Bluetooth 5 ini memang cukup mengesankan. Selain memiliki kecepatan 2 kali lipat pihak SIG juga memberikan jangkauan Bluetooth 5 yang lebih luas. Jadi kita sebagai pengguna akan lebih merasa nyaman dalam melakukan aktifivitas berbagai data dengan Smartphone lainnya. Dengan meningkatkanya jangkauan Bluetooth tersebut memungkinkan perangkat bisa terkoneksi dengan produk produk Internet Of Things yang ada pada dinding rumah-rumah di masa yang mendatang.

Selain itu peningkatakan kecepatan data transfer bisa memberikan sebuah perpindahan data serta update software yang lebih cepat. Disebabkan mampu memancarkan paket informasi yang sangat banyak, generasi Bluetooth 5 ini akan membuat layanan pemancar, lokasi, dan konektivitas nirkabel lainnya akan lebih dikenal dengan produk-produk IoT.

Perlu sobat deteknokers ketahui saat ini sudah diperkirakan ada 8,2 miliar produk dengan memakai konektivitas Bluetooth di seluruh Dunia. Jumlah tersebut tampaknya akan lebih meningkat lagi jika versi teranyar dari Bluetooth ini sudah hadir secara resmi. Mengingat saat ini sedang gencar-gencarnya produk Smart Home yang masih banyak memakai konektivitas Bluetooth. Bahkan dimasa mendatang Bluetooth 5 akan lebih dikenal dan akan lebih banyak dipakai oleh sepertiga dari perangkat Iot yang akan berkembang pada tahun 2020.

Yang jelas setelah dirilis secara resmi di tahun 2017, Bluetooth 5 akan dipakai oleh Smartphone Flagship dimasa mendatang. Tidak menutup kemungkinan perangkat Smartphone murah juga akan memakai Bluetooth 5 seiring waktu berjalan. Karena kita bisa melihat prediksi ini setelah adanya USB Type C yang terbarunya yang pertama kali dirilis hanya dipakai oleh merk Smartphone Flagship tapi kini sudah banyak merk Smartphone murah yang memakai USB Type C.


Advertisement