Biaya Pembuatan iPhone X Ternyata Sangat Murah

Detekno.com – Apple mematok harga iPhone X di atas 13 jutaan dipasaran. Seri iPhone yang dibuat untuk merayakan 10 tahun iPhone ini ternyata biaya pembuatannya tidak semahal harga yang ditawarkannya. Dari hasil predisi oleh para pengamat di China, ternyata biaya produksi smartphone ini jauh lebih murah.

Dilansir dari halaman Phone Arena, beberapa pengamat industri asal China memperkirakan biaya dasar pembuatan iPhone X sekitar USD 412,75 atau setara Rp 5,4 jutaan saja. Ini artinya terdapat selisih harga sebanyak 59% dari harga jual iPhone X untuk varian 64 GB. Dari beberapa komponen iPhone X yang paling mahal adalah panel Super Retina Display. Dimana harga komponen tersebut mencapai Rp 1 juta untuk 1 unitnya.

Biaya Pembuatan iPhone X Ternyata Sangat Murah

Biaya Pembuatan iPhone X Ternyata Sangat Murah

Dari data yang diambil lewat sumber lainnya mengatakan bahwa untuk harga panel tersebut jauh lebih mahal sekitar Rp 1,3 jutaan sampai 1,5 jutaan per unit. Lalu untuk komponen lainnya seperti chip A11 Bionic ternyata hanya USD 26 atau Rp 344.000 saja. Modem Qualcomm yang digunakan oleh iPhone X juga di hargai hanya USD 18 atau Rp 238 ribu.

Sedangkan untuk harga memori Nand yang dibuat oleh Toshiba sekitar USD 45 atau Rp 596.000 ini untuk ukuran 256 GB. Sedangkan untuk RAM yang berkapasitas 3 GB di patok sekitar USD 24 atau Rp 318 ribuan. Yang perlu menjadi catatan adalah selisih biaya produksi yang cukup tinggi dengan harganya dipasaran ini tidak lantas membuat banyak keuntungan untuk Apple.

Pasalnya Apple harus memikirkan beberapa faktor seperti pemasaran, logistik, biaya pembuatan software, manufaktur dan juga biaya untuk komponen lainnya. Selain itu biaya penelitian Apple untuk membuat iPhone X juga tidak semurah yang dibayangkan. Jadi memang harga Apple iPhone X bisa semahal itu karena Apple membuat seri ini dengan sangat hati-hati dan ingin memberikan konsumennya puas dengan iPhone terbaru miliknya.

Untuk saat ini Apple memang belum resmi menjual iPhone X secara resmi. Tentunya ini mengartikan bahwa para pengamat yang menilai biaya produksi iPhone X tidak membongkar sendiri untuk dapat melihat jeroan iPhone X. Para pengamat hanya menilai dari komponen apa saja yang dipakai oleh iPhone X ini.


Advertisement