Benarkah Snapdragon 836 Akan Jadi Chipset Google Pixel 2?

Detekno.com – Rumor seputar chipset terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 836 memang sedang hangat diperbincangkan. Tentunya chipset Snapdragon 836 dijadwalkan akan menjadi andalah smartphone flagship yang rilis akhir tahun ini. Kabarnya seri chipset terbaru ini akan mengusung GPU dan CPU yang sama dengan pendahulunya Snapdragon 835, namun perbedaan signifikan terletak pada peningkatan overclock core sehingga kinerjanya lebih cepat dan responsif.

Snapdragon 836

Snapdragon 836

Rumor Snapdragon 836 pertama kali akan menjadi chipset andalan untuk Galaxy Note 8 model, ternyata hingga saat ini beberapa informasi menyatakan berbeda. Kabar terbaru menyatakan bahwa Chipset ini akan memperkuat smartphone flagship terbaru dari Google yaitu Pixel 2. Seri Google pixel pertama memang menjadi yang pertama menggunakan Snapdragon 821 tahun lalu. Jadi terbuka kemungkinan besar Google Pixel 2 juga akan menjadi yang pertama memiliki performa flagship terbaik tahun ini.

Dimulai dari Google, Qualcomm berencana untuk bekerjasama dengan beberapa vendor besar dengan chipset ini. Dari Xiaomi tentunya seri Mi Note 3/ Mi MIX 2 akan menjadi yang berikutnya menikmati Snapdragon 836, demikian pula dengan OnePlus yang tengah mempersiapkan suksesor OnePlus 5 (OnePlus 5T atau 5s). Namun belum diketahui seri dari vendor lain yang akan menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm ini, semuanya akan terungkap pada akhir tahun ini.

Sementara itu rumor kejutan besar akan muncul ditahun 2018 yaitu rilisnya seri flagship Samsung Galaxy S9 yang sudah dikabarkan memakai Snapdragon 845 SoC. Tentunya Snapdragon 845 akan menjadi andalan chipset smartphone flagship tahun depan dimulai dengan Samsung Galaxy S9. Seri chipset lain kabarnya juga akan muncul yaitu Snapdragon 840 dengan processor Quad Core pada beberapa model smartphone Samsung. Namun sampai saat ini belum jelas apakah Snapdragon 840 akan masuk ke seri flagship maupun mid end.