Benarkah Hanya Ponsel Android Nexus dan Samsung Yang Aman ?


Detekno.com – Bukan hal yang baru kalau ponsel Android memang rentan keamanannya. Mengingat ponsel Android tersebut bersifat open source sehingga banyak celah yang bisa diakses oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tapi bukan berarti kekurangan ponsel Android tersebut menjadikannya tidak laris dipasaran, justru sebaliknya walau memiliki tingkat keamanan yang tidak tinggi dibanding smartphone lainnya smartphone android ini masih banyak peminatnya selain karena harga yang murah serta banyak game dan aplikasi gratis, smartphone android juga membawa spesifikasi berkelas.

Ada kabar baik dari halaman Android Authority yang mengungkapkan bahwa ada 2 merk ponsel android yang aman alias memiliki tingkat keamanan tinggi. 2 Merk tersebut adalah ponsel android Nexus dan ponsel android Samsung. 2 Merk ini diklaim oleh Gal Beniamini yang merupakan seorang pakar keamanan dan anggota dari Hall of Fame Product Security Qualcomm, menurutnya Samsung dan nexus masih menjadi merk smartphone android yang aman dan memiliki tingkat sekuriti tertinggi ketimbang ponsel android lainnya.

Benarkah Hanya Ponsel Android Nexus dan Samsung Yang Aman

Benarkah Hanya Ponsel Android Nexus dan Samsung Yang Aman

Pernyataannya tersebut diungkapkan saat ini melakukan demonstrasi celah keamanan yang sangat berbahaya di system operasi Android. Celah keamanan berbahaya ini memang ada disemua perangkat android yang belum memiliki atau menerima pembaruan keamanan pada bulan Mei lalu dari Google selaku pemilik OS Android. Lanjut menurut Gal Beniamini, ada 57 persen perangkat android yang saat ini belum menerima pembaharuan tersebut. Sehingga cukup riskan untuk data pengguna dari ponsel android tersebut.

Hal ini juga memperlihatkan bahwa smartphone android memang masih terancam karena memiliki lubang keamanan yang besar dan bisa di akses oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dari pengujian yang dilakukan Gal Beniamini tersebut, hanya ada perangkat android Nexus dan beberapa perangkat android Samsung yang memiliki tingkat keamanan tinggi.

Gal Beniamini menguji beberapa ponsel android dengan merk Nexus dan Samsung. Dan menurutnya system keamanan pada merk ponsel Nexus dan Samsung meningkat secara signifikan semenjak terakhir ia melakukan uji pada bulan Januari 2016 lalu. Dari hasil pengujian tersebut, ia mengungkapkan bahwa kalau dari segi keamanan, hanya ada 2 merk perangkat android yang layak beli yakni Nexus dan Samsung.

Khusus untuk Samsung ada tipe HP Samsung Galaxy S4 yang sudah dinyatakan oleh pemerintah Amerika Serikat sebagai smartphone android yang sudah memenuhi standar keamanan. Dan pada tahun 2014, Samsung secara resmi mendapatkan izin dari National Security Agency untuk program NIAP karena teknologi yang dibuatnya yang bernama KNOX.


Advertisement