Bagaimana Memperbaiki Webcam Error Code 0xA00F4289

Bagaimana Memperbaiki Webcam Error – Kode kesalahan 0xA00F4289 muncul ketika pengguna mencoba mengakses webcam laptop mereka melalui aplikasi Kamera internal di Windows 10. Aplikasi kamera menampilkan pesan kesalahan “Kami tidak dapat menemukan kamera Anda” bersama dengan beberapa langkah pemecahan masalah yang disertai dengan kata kode kesalahan. Ternyata, dalam beberapa kasus, kamera mungkin berkedip di aplikasi diikuti dengan pesan kesalahan. Kamera web menunjukkan beberapa tampilan selama satu detik atau lebih dalam beberapa skenario dan kemudian menjadi hitam yang dapat menunjukkan pemutusan sambungan webcam internal.

Ini mencegah pengguna menggunakan kamera mereka pada aplikasi seperti Microsoft Teams atau bahkan Zoom. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memandu Anda mengatasi masalah ini dengan memberikan kemungkinan penyebab masalah tersebut sehingga Anda dapat mengembangkan pemahaman tentang masalah tersebut. Setelah itu, kita akan membahas berbagai metode yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Jadi, mari kita mulai tutorial Bagaimana Memperbaiki Webcam Error.

 

Bagaimana Memperbaiki Webcam Error Code 0xA00F4289

 

Metode 1: Terapkan Tekanan di Dekat Kamera

Jika Anda membaca pesan dengan hati-hati dan seperti yang telah kami sebutkan, ini menunjukkan bahwa komputer tidak dapat mengakses kamera karena telah dicabut. Ini mungkin terdengar aneh jika Anda tidak menggunakan kamera eksternal melainkan kamera internal itu sendiri. Namun, ini masih kemungkinan dan bisa sering terjadi. Apa yang pada dasarnya terjadi adalah bahwa kamera terlepas atau menjadi longgar karena tidak terdeteksi oleh komputer.

Ternyata, hal ini dapat dengan mudah diselesaikan, namun memerlukan kehati-hatian. Apa yang pada dasarnya harus Anda lakukan adalah memberikan tekanan di sekitar area webcam dari belakang dan depan sampai LED kameranya menyala. Pastikan Anda tidak menggunakan tenaga yang berlebihan karena dapat menyebabkan kerusakan permanen. Anda harus memberikan tekanan dengan lembut dan itu akan berhasil. Ini telah dilaporkan berfungsi oleh lebih dari setengah pengguna yang menghadapi masalah ini sehingga kemungkinan besar juga akan berhasil untuk Anda.

Bagaimana Memperbaiki Webcam Error

Memperbaiki Webcam Error

 

Metode 2: Mulai Layanan Server Bingkai Kamera Windows

Ternyata, seperti hampir semua yang ada di sistem Anda, kamera juga mengandalkan layanan tertentu agar berfungsi dengan baik. Layanan tersebut kebetulan adalah layanan Windows Camera Frame Server. Dalam beberapa kasus, jika layanan tidak berjalan dan benar-benar dihentikan, kamera mungkin tidak dapat bekerja dengan baik. Oleh karena itu, dalam skenario seperti itu, yang harus Anda lakukan adalah mengaktifkan layanan dan kemudian mencoba menggunakan kamera. Untuk melakukan ini, ikuti instruksi di bawah ini:

  1. Pertama-tama, buka kotak dialog Run dengan menekan tombol pintas Windows + R untuk itu.
  2. Kemudian, di kotak dialog Jalankan, ketik services.msc dan tekan tombol Enter. Ini akan memunculkan jendela Services.
  3. Di jendela Services, Anda akan dapat melihat semua layanan yang tersedia. Temukan layanan Windows Camera Frame Server dan kemudian klik dua kali untuk membuka jendela Properties.

    Bagaimana Memperbaiki Webcam Error

    Webcam Error

  4. Klik pada tombol Start untuk memulai layanan dan pastikan bahwa jenis Startup diatur ke Otomatis.

    Bagaimana Memperbaiki Webcam Error

    Bagaimana Memperbaiki Webcam Error

  5. Setelah itu, klik tombol Apply dan tekan OK.
  6. Lihat apakah itu menyelesaikan masalah.

 

Metode 3: Keluar atau Copot Pemasangan Skype

Dalam beberapa skenario, pesan kesalahan juga dapat disebabkan karena gangguan aplikasi Skype yang berjalan di latar belakang. Ini telah dilaporkan oleh pengguna lain yang menghadapi masalah serupa. Jika Anda telah menginstal Skype di sistem Anda, skenario ini berlaku untuk Anda. Dalam kasus seperti itu, yang dapat Anda lakukan hanyalah keluar dari aplikasi Skype dari bilah tugas untuk menghentikannya mengganggu kamera. Setelah itu, coba gunakan kamera. Pastikan Anda menutup aplikasi sepenuhnya dan tidak hanya meminimalkannya. Anda juga dapat memilih untuk menghapus aplikasi dari Panel Kontrol jika Anda tidak menggunakannya. Jika Anda menghapus penginstalan Skype, Anda mungkin harus memulai ulang PC Anda dan kemudian mencoba mengakses kamera untuk melihat apakah masalah telah teratasi. Sekian informasi mengenai Bagaimana Memperbaiki Webcam Error yang dapat kami sampaikan, semoga informasi diatas dapat membantu sobat menyelesaikan masalah webcam yang error.