Awal Tahun 2017 Mediatek Akan Rilis Chip Helio X30


Detekno.com – Mediatek sebagai perusahaan ternama dalam membuat Chip Smartphone dirumorkan akan merilis Chip terbaru dari seri Helio X25 yakni Mediatek Helio X30. Chip yang dikatakan akan menjadi Chip Deca Core tercepat di Dunia ini nyatanya sudah dirumorkan kehadirannya pada beberapa waktu yang lalu. Pesaing Mediatek yakni Qualcomm memang juga dikabarkan akan merilis Chip terbarunya yakni Qualcomm Snapdragon 821 dalam waktu dekat ini. Jadi bisa dikatakan jika benar Qualcomm merilis Snapdragon 821 pada bulan ini atau sebelum akhir tahun 2016 maka Qualcomm lebih cepat dari Mediatek dalam memperkenalkan generasi Chip terbarunya.

Chip Qualcomm Snapdragon 821 memang sudah dikabarkan akan dipakai oleh produk smartphone buatan Xiaomi yakni Xiaomi Mi 5s dan juga LeEco Pro 3. Selain kedua produk smartphone tersebut ada juga produk dari Google bernama Google Pixel dan Pixel XL yang akan memakai Chip terbaru buatan Qualcomm. Dilansir dari halaman Xiaomitoday, Mediatek tentunya tidak ingin kalah dengan Qualcomm. Sehingga sangat mungkin bahwa mereka akan merilis Mediatek Helio X30 nya dengan spesifikasi yang tinggi. Bahkan dikatakan chip Helio X30 adalah Chip Deca Core Tercepat Di Dunia jika nantinya sudah dirilis dipasaran.

Awal Tahun 2017 Mediatek Akan Rilis Chip Helio X30

Awal Tahun 2017 Mediatek Akan Rilis Chip Helio X30

Pada tahun 2017 mendatang, Mediatek akan menggunakan Chip tersebut untuk dipakai oleh perusahaan smartphone yang ingin membuat sebuah smartphone flagship yang ramah untuk bermain game serta membuka banyak aplikasi. Maka jangan heran jika nantinya smartphone yang menggunakan chip tersebut akan sangat mahal. Dari laporan yang didapatkan, Chip ini akan dibuat dnegan teknologi 10nm. Yang perlu sobat garis bawahi adalah seri pendahulunya yakni Helio X25 dibuat dengan teknologi 20nm. Lalu untuk Snapdragon 820 menggunakan teknologi 14 nm.

Untuk jumlah core yang digunakan oleh Helio X30 ada 10 unit. Akan tetapi pihak Mediatek akan meningkatkan tingkat kecepatannya dalam jumlah yang besar. Chip ini akan memakai arsitektur Deca Core yang dibagi menjadi 3 buah cluster. Untuk Cluster pertama digunakan untuk 4 core Cortex A53 yang berkecepatan 2.0 Ghz. Cluster kedua akan memiliki 4 buah core Cortex A53 berkecepatan 2.2 Ghz. Dan terakhir cluster 3 berisi 2 buah core Cortex A73 berkecepatan 2.8 Ghz. Lalu untuk bagian grafisnya, Chip ini menggunakan GPU Quad Core PowerVR 7XT. GPU ini bisa disamakan dengan GPU yang dipakai oleh Apple iPhone 6.

Tentunya dengan bekalan spesifikasi yang dibawanya. Banyak orang yang penasaran akan seperti apa performa dari Mediatek Helio X30 ini jika dipasangkan dengan smartphone buatan Samsung atau Xiaomi maupun vendor lainnya. Yang jelas kita bisa mengetahui performanya, nanti setelah Mediatek benar-benar merilis Chip Mediatek Helio X30 pada awal tahun 2017 mendatang.


Advertisement