Asyik, Moto 360 Generasi Kedua Segera Hadir di Indonesia

Banner

Detekno.com – Kabar gembira bagi sobat deteknokers yang menantikan kehadiran Moto 360 Generasi Kedua di Indonesia. Pasalnya jam tangan pintar ini dipastikan akan segera hadir secaar resmi di Indonesia dalam waktu dekat ini. Smartwatch ini akan bersaing melawan Samsung Gear S2, Apple Watch, dan Huawei Watch yang terlebih dahulu hadir di Indonesia. Sebenarnya kita sudah bisa membeli Moto 360 Generasi kedua, namun yang dipasarkan saat ini bukanlah produk resmi, melainkan produk import ataupun garansi distributor.

Dilansir dari cnnindonesia (15/03/2016), tampilan fisik Motorola Moto 360 Generasi kedua ini tidak berbeda jauh dari Moto 360 generasi pertama. Dimana smartwatch ini masih mempertahankan desain layar bundar untuk menimbulkan kesan klasik dan elegan bagi penggunanya. Tampilan luarnya terlihat layaknya jam tangan analog pada umumnya, namun didalamnya telah terinstal sistem operasi Android Wear terbaru yang bisa kita hubungkan ke perangkat berbasis Android ataupun iOS.

Motorola Moto 360 Generasi Kedua

Motorola Moto 360 Generasi Kedua

Perubahan desain jam tangan Motorola ini terlihat pada bagian tombol navigasi yang digeser agak keatas, dan kini pengguna Moto 360 akan lebih mudah mengganti strap dengan hadirnya switch quick release pada sisi bawah. Sementara untuk bodi dan bezelnya tetap memakai material metal yang tahan karat dan terlihat sangat elegan. Kemudian untuk layarnya, jam tangan pintar ini akan dipasarkan dalam varian 46 mm dengan resolusi 360 x 330 pixel, dan varian 42 mm yang dikhususkan untuk pengguna wanita dengan resolusi layar 360 x 325 pixel.

Ukuran baterainya juga berbeda, dimana untuk varian 42 mm dibekali baterai 300 mah, dan 400 mah untuk varian 46 mm. Sepertinya daya tahan baterai Moto 360 generasi kedua ini akan jauh lebih baik dibandingkan Moto 360 generasi pertama yang hanya bisa bertahan selama satu hari saja. Selain itu, pada bagian layar juga dilindungi lapisan Corning Gorilla Glass 3 yang menjagaya dari goresan dan benturan. Lalu ada pula sertifikast IP67 yang membuat jam tangan pintar ini bisa dibawa berenang hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Pengisian daya Moto 360 generasi kedua tetap menggunakan metode wireless charging, sehingga penggunanya tidak perlu menggunakan kabel saat mengisi daya jam tangan pintar ini. Kemudian untuk dapur pacunya, mengandalkan processor Quad Core 1.2 Ghz yang mengadopsi chipset Qualcomm Snapdragon 400 beserta GPU Adreno 305. Lalu untuk bagian memori, sudah ada Ram sebesar 512 Mb dan memori internal berkapasitas 4GB.

Peformanya sudah pasti lebih baik dibandingkan motorola Moto 360 generasi pertama yang masih mengandalkan processor Single Core TI OMAP 3, sehingga semua aplikasi yang terinstal didalam smartwatch ini bisa berjalan lebih cepat dan semakin lancar. Berbicara mengenai aplikasi, Smartwatch ini bisa tersinkronasi pada aplikasi yang terinstal pada smartphone Android versi 4.3 keatas atapupun perangkat berbasis iOS versi 8.2 keatas. Namun penggunanya terlebih dahulu mengunduh aplikasi Android Wear pada Google Play Store maupun Apple App Store.

Untuk urusan konektivitas, Moto 360 generasi kedua sudah dilengkapi koneksi Bluetooth v4.0 dan Wi-Fi 802.11 b/g untuk melakukan pembaharuan sistem operasinya. Selain itu, tersedia pula Dual digital mics untuk melakukan navigasi melalui perintah suara. Kemudian untuk sensornya, sudah ada sensor Accelerometer, Ambient Light Sensor, Gyroscope, Vibration, Haptics engine, dan heart rate sensor yang berguna untuk sensor kesehatan untuk mengukur detak jantung pengguna smartwatch ini.

Kegunaan utama dari Smartwatch adalah untuk menampilkan notifikasi yang masuk kedalam smartphone, dan membalasnya secara langsung. Menariknya, kini Android Wear terbaru sudah mendukung bahasa Indonesia, sehingga kita bisa memblas pesan yang masuk dengan mudah melalui kontrol suara. Selain itu, Moto 360 generasi kedua juga memiliki aplikasi Moto Body Fitness Tracker yang berguna untuk mengkur kalori yang terbuang, menghitung langkah kaki, dan menghitung detak jantung.

Sayangnya pihak Lenovo dan Motorola belum memberikan informasi resmi mengenai harga Moto 360 generasi kedua di Indonesia. Semoga saja harganya jauh lebih murah dibandingkan Samsung Gear S2 ataupun Moto 360 generasi pertama yang kemarin sempat mimin coba kehebatannya, dan yang penasaran bagaimana kehebatan Samsung Gear S2, bisa sobat deteknokers lihat pada video dibawah ini.

Perbedaan antara Moto 360 Generasi kedua dan Samsung Gear S2 terletak pada sistem operasinya. Dimana untuk Gear S2 memang OS Tizen, sedangkan untuk Moto 360 2nd mengadopsi OS Android Wear yang memiliki fitur sama persis dengan Motorola Moto 360 generasi pertama yang bisa sobat lihat reviewnya pada video berikut ini.

Apabila harga Samsung Gear S2 yang kami beli dibanderol 3.7 Jutaan, lalu Moto 360 generasi pertama sekitar 2.5 Jutan. Nah menurut sobat deteknokers berapa harga yang pantas untuk Moto 360 generasi kedua ini ?. Apabila berkaca dari harga Moto 360 generasi kedua di situs resmi Motorola Amerika, smartwatch ini dibanderol USD$299 atau setara Rp. 3.8 Jutaan. Nah bagaimana, apakah sobat tertarik membelinya saat dipasarkan secara resmi ?


Advertisement