Asus Chromebit CS10, Siap Ubah TV Menjadi Komputer

Detekno.com – Satu lagi perangkat canggih bernama Asus Chromebit CS10. Perangkat ini merupakan hasil kerjasama antara Google dan Asus dalam mengembangkan sebuah teknologi modern yang mampu merubah televisi atau monitor menjadi sebuah komputer. Untuk memakai perangkat ini sangat mudah, sobat deteknokers cukup mencolokan Asus Chromebit CS10 ke Televisi melalui port HDMI. Namun untuk memakainya, sobat harus terkoneksi ke Internet karena Asus Chromebit memakai sistem operasi berbasis Chrome OS.

Asus Chromebit CS10

Asus Chromebit CS10 | Sumber: Asus.com

Chrome OS sendiri merupakan sistem operasi yang dibuat berbasis Web Browser, sehingga untuk mengoperasikannya membutuhkan koneksi internet. Menariknya, ASUS Chromebit CS10 telah dibekali konektivitas Wi-Fi Dual Band yang membuatnya bisa menangkap sinyal Wi-Fi dengan jangkauan lebih luas dan pastinya lebih cepat. Selain itu, disediakan pula konektivitas Bluetooth 4.0 untuk menghubungkan ASUS Chromebit CS10 ke perangkat keyboard ataupun mouse.

Ekosistem aplikasi yang luas menjadi salah satu kelebihan ASUS Chromebit CS10. Sementara untuk dapur pacunya, Asus mempersenjatai Chromebit dengan processor Quad Core Cortex A-17 dan ditenagai Chipset Rockchip RK3288-C, serta Ram 2GB. Selain itu, disedikan pula memori internal 16GB dan GPU Mali T764 agar setiap aplikasi dan game bisa berjalan lebih mulus pada resolusi maksimal Full HD 1080 x 1920 pixels. Owh yah, Asus juga menawarkan penyimpanan Google Drive sebesar 100GB yang bisa didapatkan secara gratis selama 2 tahun.

Hanya berbekal Asus Chromebit CS10 sobat bisa merubah televisi dengan fungsionalitas layaknya komputer, sehingga aktivitas menikmati konten multimedia akan terasa semakin maksimal. Menariknya lagi, Asus melengkapi perangkat ini dengan kemampuan men-shutdown secara otomatis apabila terjadi overheat ketika menyentuh suhu diatas 35 derajat, sehingga mampu mencegah kerusakan apabila terjadi overheating atau panas berlebih.

Untuk segi desain, Asus Chromebit memiliki bentuk simple yang dibuat dengan body plastik berukuran berdimensi 123 x 31 x 17 mm dan memiliki berat sekitar 77 gram. Ukurannya yang kecil membuat Asus Chromebit bisa dimasukan kedalam saku, sehingga mempermudahkan sobat deteknokers membawa perangkat ini berpergian. Lalu untuk segi warna, Asus menawarkan 3 varian warna yang terdiri dari Cacao Black, Tangerin Orange, dan Blue.

Asus Chromebit CS10

Informasi yang kami lansir dari tomshardware, menyebutkan bahwa harga Asus Chromebit CS10 dibanderol dengan harga USD$ 85 atau sekitar Rp 1,1 jutaan. Sayangnya belum ada informasi apakah nantinya pihak Asus akan memasarkan Chromebit CS10 di Indonesia. Namun untuk sementara waktu, perangkat ini akan tersedia di wilayah Amerika Serikat, Australia, Kanada, Denmark, Finlandia, Jepang, Selandia Baru, Norwegia, Spanyol, Swedia, Taiwan dan Inggris, jadi sobat harus bersabar apabila tertarik membeli perangkat canggih yang bisa merubah TV menjadi komputer ini.


Advertisement