Apple Resmi Tunjuk Intel Untuk Produksi Chipsetnya


Detekno.com – Apple akhirnya resmi gaet Intel untuk membuat sebuah komponen chipset iPhonenya. Sebelumnya Apple sudah menggandeng Samsung dan TSMC untuk membuat prosesor buatannya. Namun kali ini agak sedikit berbeda karena kehadiran Intel yang telah resmi bekerjasama dengan perusahaan ternama asal Amerika Serikat ini.

Samsung dan TSMC dipilih oleh Apple untuk memproduksi prosesor dari desainnya sendiri bukan dari desain Samsung atau TSMC. Namun sayangnya belum ada informasi prosesor apa yang akan diproduksi oleh kedua vendor tersebut. Tapi ada kabar bahwa Apple besar kemungkinan menunjuk kedua vendor tersebut untuk membuat prosesor A10.

Apple Resmi Tunjuk Intel Untuk Produksi Chipsetnya

Apple Resmi Tunjuk Intel Untuk Produksi Chipsetnya

Kabar Intel resmi bekerjasama dengan perusahaan ternama pembuat iPhone ini tentunya merupakan kabar bahagia bagi karyawan Intel. Karena kita tahu saat ini pasar computer dan laptop masih kalah jauh dengan pasar Smartphone maupun Tablet. Jadi dengan resminya Intel bekerjasama dengan Apple tentunya ini sebuah angin segar karena semakin banyak job yang didapatkan oleh Intel.

Intel sendiri ditugaskan oleh Apple untuk membuat sebuah chip khusus untuk modem yang nantinya bakal tertanam di iPhone. Disini Intel tidak hanya sendiri dalam membuat chip khusus modem tersebut, karena ada Qualcomm yang juga ditunjuk oleh perusahaan pembuat iPhone ini untuk membuat chip modem khusus iPhone. Jadi untuk prosesor khusus perusahaan ini mempercayakan Samsung dan TSMC sedangkan untuk chip modemnya, mereka mempercayakan Intel dan Qualcomm.

Dilansir dari Bloomberg, perbedaan antara Samsung, TSMC dengan Intel, Qualcomm adalah Samsung dan TSMC membuat sebuah prosesor untuk iPhone yang akan dipakai secara acak. Sedangkan untuk chip model yang diproduksi oleh Intel dan Qualcomm terbagi untuk beberapa region yang berbeda-beda. Tujuan Apple bekerjasama dengan Intel adalah untuk membuat sebuah chip modem iPhone yang secara khusus untuk jaringan operator AT&T di Amerika Serikat. Itu sudah termasuk untuk produksi iPhone yang akan dipasarkan di beberapa regional.

Sedangkan untuk Qualcomm, ditugaskan untuk membuat chip modem iPhone yang akan dipasarkan di China. Secara garis besarnya kedua vendor pembuat komponen mobile tersebut memiliki porsi yang berbeda-beda. Perlu sobat deteknokers ketahui di tahun 2016 ini, Apple iPhone yang dijual lewat AT&T sudah sebanyak 22 Juta yang diprediksi akan naik di tahun 2017.


Advertisement