5 Aplikasi Android Yang Harus DiHapus

Detekno – Biasanya kita sangat jengkel jika saat membeli Smartphone, kinerja Smartphone tersebut awalnya bagus namun setelah beberapa hari digunakan menjadi lambat. Namun tahukah sobat jika masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan menghapus beberapa aplikasi bawaan di Smartphone Android yang sudah terinstal. Berikut ini team detekno akan memberitahukan kepada sobat apa saja aplikasi android yang harus di hapus agar performa Smartphone kita tetap baik dan enak digunakan.

Perlu Diingat bahwa Smartphone Android memiliki batasan dalam menampung daya kapasitas penyimpanan, jika kapasitas penyimpanannya melebihi batas sudah pasti kinerja Smartphone tersebut akan lambat. Dan juga percuma jika RAM Smartphone kita memiliki kapasitas besar sampai 3 atau 2 GB jika manajemen aplikasi kita kurang baik, karena semakin banyak aplikasi Android yang kita buka dan setelah itu kita tidak tutup maka dipastikan kinerja Smartphone tersebut akan lambat. Oleh karena itu diwajibkan untuk sobat menutup aplikasi jika sudah tidak digunakan.

Sobat deteknokers haruslah lebih teliti dan bijaksana dalam memakai Smartphone Android. Sobat harus tahu mana aplikasi Android yang benar-benar dibutuhkan dan aplikasi mana yang tidak dibutuhkan. Kalau nantinya Smartphone sobat sudah menjadi lelet alias lambat, saran kami lebih baik sobat deteknokers menghapus beberapa aplikasi yang memang memakan daya yang besar.

Detekno kutip dari Androidpit, bahwa ada beberapa aplikasi Android yang harus di hapus oleh sobat agar kinerja Smartphone sobat tetap baik. Berikut ini kami akan jelasnya apa saja aplikasi tersebut dan mengapa harus di hapus.

Daftar Aplikasi Android Yang Harus DiHapus

Aplikasi Android Yang Harus Dihapus

Aplikasi Android Yang Harus Dihapus

1. Aplikasi Browser Bawaan Android

Semua HP Android pastinya sudah memiliki browser bawaan sendir-sendiri namun tahukah sobat jika browser bawaan ini lebih baik dihapus saja. Sebab Aplikasi browser terbaik seperti Chrome dan Opera Mini untuk Android lebih baik digunakan daripada aplikasi browser bawaan, karena kedua browser tersebut memiliki fitur untuk mereduksi penggunaan data internet pengguna. Ini berguna untuk menghemat penggunaan data hingga 34 persen.

2. Aplikasi Cuaca Android

Memang aplikasi android yang satu ini terasa penting bagi sebagian kalangan karena, aplikasi ini bermanfaat untuk kita tahu info cuaca secara cepat dan tepat. Namun aplikasi ini sangat memakan banyak daya dikarenakan ia melakukan pembaharuan secara terus menerus dan akan semakin banyak memakan daya jika terdapat widget aplikasi cuaca yang ada di homescreen. Untuk Alternatifnya dan agar lebih menghemat daya lebih baik sobat memakai fitur Google Now agar tahu informasi cuaca sekarang.

3. Aplikasi Anti Virus Android Gratis

Tak dipungkiri bahwa HP Android rawan akan serangan karena ia bersifat open source, oleh karena itu rata-rata pengguna yang takut di curi datanya akan menggunakan aplikasi anti virus di HP Android mereka. Namun apakah deteknokers tahu bahwa aplikasi antivirus android ini sangat boros daya baterainya?.

Ada alternatif lainnya agar Smartphone kita aman tanpa menginstall aplikasi antivirus gratis di HP Android yaitu gunakan HP Android secara bijaksana, selalu pastikan mengunduh aplikasi di Google Play Stor secara langsung karena aplikasi yang ada di Google Play Store lebih aman dibandingkan sobat mengunduh aplikasi android diluar Google Play Store.

Google juga sampai saat ini sudah menjadi lebih baik dalam mengindentifikasi aplikasi dan akan cepat menghapus aplikasi Android di Google Play Store jika aplikasi tersebut mencurigakan. Secara terus-menerus Android juga melakukan pembaharuan dalam segi keamanan salah satunya dibagian sistem enkripsi.

4. Aplikasi Peningkat Kerja

Aplikasi pembersih yang ada di Android memang menawarkan sebuah fitur yang bisa meningkatkan kinerja HP Android tersebut. Sebenarnya kinerja aplikasi pembersih seperti Cleane Master, Cleaner, CC Cleaner hanya menghapus aplikasi dan data sampah yang tersembunyi yang memakan banyak memori. Namun tahukah sobat bahwa aplikasi ini akan membuat baterai HP Android sobat akan secara habis dan iklan yang tayang di aplikasi tersebut akan membuat kuota internet sobat cepat habis.

Alternatif lainnya sebagai pengganti aplikasi peningkat kinerja tersebut adalah dengan sobat melakukan tindakan ke menu settings – Apps – Downloaded lalu pilih salah satu aplikasi yang akan dihapus cachenya setelah itu pilih clear cache.

5. Aplikasi Facebook

Rata-rata HP Android memiliki bawaan aplikasi Android secara langsung, memang aplikasi ini sangat populer di masyarakat. Tapi ada sebuah harga yang harus dibayar yaitu aplikasi ini akan membuat boros kapasitas penyimpanan karena fitur dan notifikasinya. Selain itu aplikasi facebook di Android juga boros baterai.

Sebagai alternatif, sobat bisa tetap bermain facebook hanya dengan menyediakan shortcut untuk membuka situs facebook di browser. Ini akan jauh lebih baik dan menghemat kapasitas serta baterai Smartphone Android sobat.

Baca Juga : 6 Tips Memilih Smartphone Yang Sesuai Dengan Sobat

Bagaimana apakah sobat sudah melakukan menghapus 5 aplikasi diatas? jika belum dan sobat merasa kinerja HP Android sobat kurang memuaskan atau baterainya cepat boros alangkah baiknya sobat melakukan hal yang disarankan diatas.


Advertisement