8 Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy J2

Detekno.com – Setelah sobat deteknokers mengetahui harga Samsung Galaxy J2 di Indonesia, dimana smartphone ini dipasarkan dengan harga sekitar Rp. 1.950.000. Harganya memang cukup murah dan terjangkau bagi sebagin besar masyarakat Indonesia, terlebih smartphone ini menawarkan beragam fitur dan kacangggihan teknologi yang siap memanjakan sobat deteknokers dalam mengoperasikan smartphone ini sehari-hari. Namun sebelum sobat memutuskan membeli smartphone ini, mari kita simak terlebih dahulu apa saja kekurangan dan kelebihan Samsung Galaxy J2 yang membuatnya layak untuk sobat miliki. Langsung saja mari kita simak rangkumannya dibawah ini.

Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy J2

Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy J2

Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy J2

1. Layar Sudah Super Amoled Tapi Resolusi Belum HD

Berbekal layar berukuran 4.7 inci, Samsung Galaxy J2 siap memanjakan sobat deteknokers dengan tampilan gambar lebih realistis dan lebih adem saat dipadang berlama-lama. Namun sayangnya resolusinya belum terlalu tinggi, dimana Samsung hanya memberikan layar beresolusi qHD 540 x 960 pixels dengan kepadatan layar sebesar ~234 ppi. Untungnya smatphone ini telah dibekali layar Super Amoled, sehingga untuk kecerahan dan ketajaman layarnya, bisa bersaing dengan smartphone sekelasnya yang didukung layar IPS beresolusi HD 720p. Dibalik Kelebihan Samsung Galaxy J2 yang telah memakai layar Super Amoled, sayangnya layar Galaxy J2 juga belum dilapisi pelindung anti gores yang membuatnya rawan tergores saat sobat masukan kedalam saku.

2. Desain Elegan Dan Tidak Licin Saat Dipegang.

Back cover bertexture menjadi salah satu kelebihan Samsung Galaxy J2, karena pemakaian back cover jenis ini membuatnya tidak licin saat dioperasikan, dan lebih nyaman ketika sobat pakai menggunakan satu tangan. Selain itu, Samsung juga mendesain Galaxy J2 dengan body tipis berketebalan 8.4 mm dan memiliki body ringan dengan bobot sekitar 122 gram. Menariknya lagi, back cover Galaxy J2 bisa kita lepas untuk mengganti baterai dan memasukan kartu sim card serta microSim. Namun sayangnya seluruh body smartphone ini masih memakai material plastik.

3. Dapur Pacu Dilengkapi Ram 1GB

Kelebihan Samsung Galaxy J2 selanjutnya adalah memiliki dapur pacu yang bisa sobat andalkan untuk bermain game dengan mulus, dan menjalankan banyak aplikasi dengan lancar. Pasalnya smartpone ini telah dibekali chipset Exynos 3475 yang dipadukan processor Quad Core 1.3 Ghz Cortex-A7. Walaupun sejatinya masih memakai processor 32-Bit, namun untuk performa kami rasa sudah lebih dari cukup, apalagi didalamnya juga disediakan Ram 1GB, dan GPU Mali-T720 yang mengoptimalkan kinerja Samsung Galaxy J2 dalam mengeksekusi beragam game dan aplikasi Android yang sobat instal kedalamnya.

4. Memori Internal Standard, Cuma 8 GB

Salah satu kelebihan Samsung Galaxy J2 adalah sudah mengadopsi sistem operasi Android Lollipop 5.1.1 dengan antar muka Samsung ToucWiz UI yang dioptimalkan untuk memenimalisir pemakaian data internet agar semakin irit. Namun sayangnya, smartphone ini hanya dibekali memori internal 8GB yang hanya tersisa setengahnya saja, yakni sekitar 4-5GB. Hal ini dikarenakan sebagian besar memori internal digukanakan untuk menyimpan file sistem dan aplikasi bawaan, sehingga sobat harus menambahkan microSD dengan kapasitas mencapai 128GB agar tidak mengganggu performa Galaxy J2.

Samsung Galaxy J2

Samsung Galaxy J2

5. Mendukung Konektivitas 4G LTE

Permintaan pasar terhadap smartphone 4G murah dijawab Samsung dengan merilis Galaxy J1 Ace, dan Galaxy J2. Menariknya salah satu kelebihan Samsung Galaxy J2 adalah sudah mendukung jaringan 4G LTE semua operator seluler di Indonesia, karena Samsung membundling ponsel ini dengan bonus paket data dari Smarfren, namun sobat tetap bisa memakai operator seluler GSM untuk mengakses jaringan 4G LTE. Nah bagi yang belum kebagian jaringan 4G LTE, sobat tetap bisa memakai Galaxy J2 pada jaringan 3G HSDPA ataupun memakai Wi-Fi sebagai alternatif terakhir apabila ingin mengakses internet secara cepat.

6. Support USB OTG

Kelebihan Samsung Galaxy J2 salah satunya adalah sudah mendukung fitur USB-OTG. Fitur ini sangat penting bagi sobat yang hobi menyimpan film beresolusi tinggi, karena bisa menyimpannya di flashdisk dan memutarnya memalui port USB OTG. Selain itu, Samsung juga menyediakan konektivitas Bluetooth v4.1, lalu ada pula Wi-Fi 802.11 b/g/n dengan fitur Wi-Fi Hotspot serta Wi-Fi Direct. Sementara untuk navigasinya, mengandalkan GPS yang didalamnya didukung fitur A-GPS serta Glonass.

7. Kamera Masih Standard

Tidak ada perbedaan resolusi antar Samsung Galaxy J2 dan Samsung Galaxy J1 Ace. Kedua smartphone yang mendukung jaringan 4G LTE ini, sama-sama mengadopsi kamera utama 5 Megapixel dengan fitur autofocus, led flash, face detection, dan aperture F/2.0. Sementara untuk kamera bagian depan, Samsung menyediakan lensa 2 Megapixel dengan aperture f/2.4 untuk memenuhi kebutuhan foto selfie sobat deteknokers. Kemudian untuk urusan merekam video, Samsung Galaxy J2 hanya mampu mengabadikan video beresolusi HD 720p, padahal smartphone sekelasnya rata-rata sudah bisa merekam video Full HD 1080p.

8. Baterai Bisa di Lepas

Dibalik kekurangan Samsung Galaxy J2 yang hanya dibekali kamera standard, smartphone ini menawarkan baterai berukuran cukup kecil, yakni cuma 2.000 mah. Walaupun kapasitas baterainya sangat kecil, namun sobat bisa melepas baterai tersebut, sehingga sobat bisa membeli baterai cadangan untuk berjaga-jaga agar tidak kehabisan daya baterai saat berpergian jauh. Alternatif terakhir, sobat bisa membawa powerbank agar tak perlu dipusingnya dengan habisnya daya baterai disaat-saat penting. Nah itulah kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy J2 yang wajib sobat ketahui, bagaimana tertarik membeli smartphone berteknologi 4G LTE ini ?


Advertisement