7 Kelebihan Samsung Galaxy J5 dan Kekurangannya


Detekno.com – Samsung Galaxy J5 sudah resmi dirilis di Indonesia. Smartphone ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi deteknokers yang mencari smartphone murah dengan kualitas tak murahan. Pasalnya, Galaxy J5 telah dilengkapi spesifikasi canggih yang terdiri dari processor Quad Core 1.2 Ghz, Ram 1.5GB, dan kamera beresolusi tinggi yang ditempatkan pada sisi depan dan belakang Galaxy J5. Tidak sampai disitu saja, ponsel ini juga dilengkapi sistem operasi Android terbaru dan beragam fitur menarik didalamnya.

Beragam kelebihan Samsung Galaxy J5 membuatnya menjadi salah satu smartphone terbaik dikelas menengah kebawah. Sayangnya smartphone ini tetap memiliki bebera kekurangan, mengingat harga jualnya hanya sekitar 2.8 Juta Rupiah. Nah, bagi deteknokers yang tertarik membeli smartphone murah buatan Samsung ini, mari kita simak bersama-sama kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy J5, agar sobat semakin mantap membeli smartphone berbanderol 2 Jutaan ini.

Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy J5

Kelebihan Samsung Galaxy J5

Kelebihan Samsung Galaxy J5

1.  Layar Bening, Tapi Tanpa Gorilla Glass

Kelebihan Samsung Galaxy J5 yang pertama adalah memiliki layar sangat bening, karena Samsung memberikan layar Super Amoled berukuran 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels, sehingga membuat layar Galaxy J5 mampu mengeluarkan warna-warna alami yang nyaman dipadang mata. Selain itu, layar Amoled Display juga membuatnya memiliki sudut pandang yang baik, dan tetap enak dibaca meski dibawah sinar matahari. Sayangnya, layar Galaxy J5 belum dilapisi Gorilla Glass ataupun lapisan pelindung anti gores jenis lainnya, sehingg akan rawan tergores apabila deteknokers tak melapisinya dengan screen guard.

2. Masih Pakai Body Plastik

Salah satu kekurangan Samsung Galaxy J5 adalah masih memakai body berbahan plastik. Untungnya, desain Samsung Galaxy J5 tetap terlihat elegan, karena memiliki body tipis dengan ketebalan 7.9 mm. Sementara untuk dimensinya memiliki rasio (P x L x T) berukuran 142.1 x 71.8 x 7.9 mm dan memiliki bobot 146 gram, sehingga terasa nyaman ketika sobat deteknokers operasikan dengan satu tangan saat mengetik sms, chating, maupun browsing internet.  Nah bagi deteknokers yang ingin smartphone murah dengan body metal, kami sarankan sobat beralih membeli Samsung Galaxy A3 yang dibanderol tak berbeda jauh dari harga Samsung Galaxy J5

3. Kamera Selfie 5 Megapixel dengan Flash

Kamera Samsung Galaxy J5

Kamera Samsung Galaxy J5

Kelebihan utama Samsung Galaxy J5 terletak pada sektor kamera. Pasalnya, ponsel ini mengadopsi kamera depan 5 Megapixel dengan tambahan lampu LED Flash untuk mengoptimalkan pengambilan foto selfie dimalam hari. Kemudian untuk sisi belakang, sudah diletakan sensor kamera 13 Megapixel dengan autofocus, Aperture F/1.9M dan led flash tunggal. Kualitas gambar kamera belakang Galaxy J5 cukup memuaskan, karena mampu menghasilkan warna-warna natural, kontras yang baik, dan white balance yang akurat, sehingga otomatis membuat hasil jepretan foto dan rekaman video beresolusi Full HD 1080p terlihat lebih maksimal mesidiambil dimalam hari.

4. Processor 64 Bit Dengan Ram Tanggung, Cuma 1.5 GB

Antutu Samsung Galaxy J5

Antutu Samsung Galaxy J5 (Foto : GSMarena)

Spesifikasi hardware yang diusung smartphone ini sebenarnya sudah sangat baik. Hanya saja kapasitas Ram yang dibawanya tergolong tanggung, karena memakai Ram 1.5GB. Yups dibandingkan smartphone sekelasnya yang rata-rata dibekali Ram 2GB, tentunya hal ini menjadi salah satu kekurangan Galaxy J5. Namun sobat deteknokers tak perlu khawatir, karena performa smartphone ini tetap cepat berkat perpaduan processor Qualcomm Snapdragon MSM8916 410 dengan clock speed Quad Core 1.2 Ghz 64Bit, dan GPU Adreno 306.

Menariknya, dari pengujian Antutu Benchamrk yang kami lansir dari GSMarena, terlihat bahwa Galaxy J5 menghasilkan skor 21.422 yang membuatnya hanya berselisih beberapa poin dari Samsung Galaxy A5 yang notabennya dibanderol jauh lebih mahal. Dibalik kekurangan Samsung Galaxy J5 yang masih memakai Ram 1.5GB, rupanya smartphone ini telah berjalan pada Android Lollipop 5.1.1  dengan antarmuka Samsung TouchWiz UI yang terlihat mirip dengan Galaxy S6, namun tanpa adanya fitur S Voice dan mode multi window.

5. Support 4G LTE dan Dual Sim

Peforma Galaxy J5

Peforma Galaxy J5

Jaringan 4G LTE dengan kecepatan mencapai 150 mbps, menjadi kelebihan Samsung Galaxy J5 yang akan sobat dapatkan apabila membelinya. Lebih asyiknya lagi, ponsel ini telah didukung fitur Dual Sim untuk untuk mempermudah sobat berkomunikasi, dan Bluetooth V4.1, serta USB OTG untuk mempermudah mengirim file. Namun sayangnya, Samsung belum membekalinya dengan teknologi NFC dan Wifi Dual Band.  Menurut kami, konektivitas Galaxy J5 sudah sangat lengkap, mengingat ponsel ini hadir membawa teknologi 4G LTE yang tak dimiliki Galaxy A3 dan Galaxy E5.

6. Baterai Awet, Namun Isi Ulang Lama

Baterai Galaxy J5

Baterai Galaxy J5

Salah satu kelebihan Samsung Galaxy J5 yang paling menarik adalah hadirnya baterai Li-Ion berkapasitas 2.600 mAh yang tergolong awet dan tahan lama. Smartphone ini mampu bertahan selama 18-20 jam ketika dipakai telepon (3G), dan mampu memutar musik selama 62 jam nonstop. Namun dibalik kelebihan tersebut, sobat deteknokers harus mengisi ulang baterai Galaxy J5 dari 1% sampai 100% dalam waktu mencapai 3 Jam dengan charger standard berdaya 5V / 2A.

7. Harga Murah dan Ramah Di Kantong

Harga Samsung Galaxy J5

Harga Samsung Galaxy J5

Harga Samsung Galaxy J5 yang dibanderol tak sampai 3 Juta Rupiah, menjadi kelebihan utama smartphone berlayar 5 inchi ini. Harganya memang lebih murah dibandingkan Galaxy A3, maupun Galaxy E5, namun smartphone ini menawarkan beragam fitur yang tak dimiliki keduanya, yakni hadirnya lampu LED Flash pada sisi depan, dan teknologi 4G LTE. Jadi sobat tak akan sia-sia mengeluarkan uang sekitar 2.8 Juta Rupiah untuk membeli Samsung Galaxy J5. Nah bagaimana, apakah sobat tetarik membelinya setelah mengetahui kelebihan Samsung Galaxy J5 dan beberapa kekuranganya ?


Advertisement