Simak 5 Tips Baterai Android Agar Tahan Lama

Detekno.com – Kondisi baterai yang cepat habis sangat wajar karena ponsel jenis android memang membutuhkan daya yang sangat banyak agar performa sistemnya menjadi optimal. Terutama pada aplikasi – aplikasi tertentu yang memang membutuhkan daya besar seperti bermain Game ataupun streaming video. Bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut?

Berikut beberapa tips baterai android tahan lama.

1. Atur Tingkat Kecerahan Layar
Tips pertama, ponsel android yang terlihat terang dan cerah tentu dapat mengkonsumsi daya beterai lebih cepat. Semakin terang ponselnya maka akan semakin boros juga penggunaan baterainya. Tampilan yang jelas dan cerah bisa digunakan pada saat berada dibawah terik matahari agar lebih jelas saat melihat layar ponsel. Namun hal tersebut tidak diperlukan apabila sedang berada pada ruangan tertutup contohnya seperti didalam kamar, kantor, rumah, ataupun sekolah.

Tips Baterai Android Tahan Lama

Mengatur tingkat kecerahan layar

2. Nonaktifkan Notifikasi Yang Tidak Perlu
Notifikasi sering muncul dengan tiba- tiba karena adanya pembaruan aplikasi atau game. Notifikasi seperti ini juga dapat menguras daya baterai karena notifikasi tersebut akan melakukan update jika tersambung dengan internet. Tips ini kadang tidak terpikirkan namun tanpa kita sadari notifikasi game ataupun aplikasi juga dapat menguras baterai secara cepat. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan cara menonaktifkan notifikasi update aplikasi atau game yang tidak penting. Caranya pertama masuk ke menu Setting, kemudian pilih menu Apps dan setelah itu carilah aplikasi atau game yang ingin dinonaktifkan notifikasinya. Selanjutnya hilangkan tanda centang pada bagian Show Notification.

Tips Baterai Android Tahan Lama

Menonaktifkan notifikasi pada Android

3. Matikan Wifi
Fitur Wifi memang sangat mempermudah para pengguna android untuk mengakses internet secara gratis. Namun apabila sedang tidak berada pada area WiFi sebaiknya non aktifkan fitur ini. Karena jika fitur Wifi ini terus aktif maka ponsel juga akan terus menerus mencari sinyal Wifi, hal ini juga dapat menguras daya baterai. Sebaiknya gunakanlah fitur ini dengan baik, selalu ingat untuk mematikannya jika telah selesai menggunakan fitur Wifi ini.

4. Matikan GPS bila Tidak Digunakan
GPS dapat membantu untuk mencari lokasi tempat secara mudah, tepat dan cepat. Tetapi penggunaan GPS yang terlalu sering juga dapat menguras daya baterai secara cepat. Hal ini sama dengan pemakaian fitur Wifi. Apabila telah selesai menggunakan GPS sebaiknya bisa menonaktifkan fitur GPS agar baterai tidak cepat habis.

5. Batasi Penggunaan Data Internet
Internet memang diperlukan untuk aktifitas sehari – hari, dengan adanya internet komunikasi akan menjadi lebih mudah dan cepat. Perlu diingat bahwa mengakses internet yang terlalu berlebihan dapat menguras baterai android secara cepat. Beberapa dari ponsel android yang mengalami masalah baterai yang tidak tahan lama dan cepat habis dikarenakan terlalu berlebihan pada saat mengakses internet. Tips untuk mengatasinya yaitu sebaiknya gunakanlah data internet dengan bijak, gunakan seperlunya.

Baca Juga : 5 Cara Mengetahui Baterai HP Drop Lebih Mudah

Demikian tips baterai android tahan lama, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk semua pembaca. Jika salah satu tips tersebut diterapkan kemungkinan besar baterai ponsel akan lebih hemat dibanding dengan sebelumnya.