5 Kelebihan USB Type-C Yang Wajib Sobat Ketahui

Banner

Kelebihan USB Type-C – Konektor USB Type-C atau dikenal sebagai atau USB 3.1, merupakan konektor USB terbaru yang diproyeksikan sebagai pengganti USB 2.0 atau USB 3.0. Teknologi ini pertama kali dipakai pada Apple MacBook terbaru, dan saat ini mulai di aplikasikan pada smartphone berbasis sistem operasi Android, seperti OnePlus 2, Meizu Pro 5, dan Xiaomi Mi 4c, Nexus 6P, dan Nexus 5X. Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki konektor jenis ini, sehingga tak salah apabila berbagai vendor smartphone berlomba-lomba melengkapi smartphone terbaiknya dengan teknologi USB Type-C.

Smartphone Android pertama yang mengusung teknologi ini adalah OnePlus 2, dan terbukti teknologi USB Type-C mampu meningkatkan kecepatan transfer data dan pengisian daya baterai. Teknologi ini juga menjadi solusi bagi desain smartphone yang semakin tipis, karena notabennya ukuran USB Type-C memiliki bentuk lebih ramping dibandingkan USB standard pada umumnya. Nah bagi sobat deteknokers yang ingin melihat lebih jauh, apa saja kelebihan USB Type-C yang digadang-gadang sebagai teknologi masa depan smartphone, mari kita simak informasi detekno.com berikut ini.

5 Kelebihan USB Type-C

Kelebihan USB Type-C

Kelebihan USB Type-C

1. Transfer Data Lebih Cepat

USB Type-C memiliki kecepatan transfer data lebih cepat dibandingkan port MicroUSB 2.0 yang selama ini dipakai smartphone Android pada umumnya. Bahkan port ini dikatakan mampu memindahkan data dari komputer dengan kecepatan mencapai 10 Gbps, atau bisa dikatakan 2 kali lebih cepat dibandingkan USB 3.0 yang memiliki kecpatan 5 Gbps, dan USB 2.0 yang rata-rata memiliki kecepatan maksimum 480 mbps. Tentunya sobat deteknokers akan semakin dimanjakan dengan hadirnya teknologi ini, karena tidak membutuhkan waktu lama untuk memindahak file berukuran besar kedalam smartphone Android berteknologi USB Type-C.

2. Pengisian Daya Lebih cepat

Selain transfer data lebih cepat, kelebihan USB Type-C adalah memiliki kemampuan transfer daya lebih cepat, sehingga mampu mempercepat proses pengisian daya baterai. Walaupun saat ini sudah banyak smartphone yang mengimplementasikan teknologi Quick Charge, namun hadirnya USB Type-C akan semakin mempersingkat pengisian baterai. Pasalnya USB Type-C mampu dialiri arus listrik lebih besar dengan daya mencapai 20 Volt dan 5 Ampere, yang notabennya lebih besar dibandingkan USB tipe sebelumnya yang sebatas berdaya 5 Volt dan 1.8 Ampere. Jadi otomatis pengisian daya baterai bisa berjalan lebih cepat.

3. Bentuk Lebih Ramping dan Anti Terbalik

Desain smartphone lama kelamaan memang terlihat semakin tipis, oleh karena itu harus diimbangi dengan port USB yang berukuran lebih tipis. Nah solusi paling tepat adalah memakai USB jenis Type-C yang memiliki ukuran lebih ramping dibandingkan port USB 2.0 dan USB 3.0. Menariknya lagi, port USB Type-C memiliki bentuk yang sama, sehingga sobat deteknokers bisa lebih mudah memasukan port USB Type-C pada smartphone tanpa perlu takut terbalik.

Bentuk USB Type-C

Bentuk USB Type-C

4. Bebas  Cabut Pasang Sampai 10.000 Kali

Kelebihan USB Type-C yang lain adalah memiliki dayat tahan lebih lama dibandingkan USB pada umumnya. Bahkan kabarnya, USB Type-C bisa dipakai sebanyak 10.000 kali, jadi sobat tak perlu khawatir cabut pasang saat mentransfer file dari komputer, atuapun mengisi baterai. Apabila kita bandingkan dengan USB tipe standard yang hanya mampu dipakai 1.500 kali, tentunya teknologi USB Type-C menjadi sebuah solusi bagi smartphone yang sering kali mengharuskan kita mengisi ulang baterai berulang kali ketika dipakai melakukan beban yang berat.

5. Bisa tampilkan Gambar Beresolusi 4K

Kelebihan USB Type-C yang tak kalah keren adalah kemampuan untuk menampilkan gambar dan sura ke perangkat layar lebih besar, seperti TV atau Proyektor. Bahkan resolusi yang bisa ditampilkannya mencapai resolusi 4K. Namun dibutuhkan konektor tambahan apabila kita ingin mencoba menguhubungkan smartphone berteknologi USB Type-C keperangkat berlayar besar, karena rata-rata TV atau Proyektor memakai port VGA, atau HDMI. Nah itulah beragam kelebihan USB Type-C yang wajib sobat deteknokers ketahui, bagaimana apakah sobat tertarik mencoba kehebatannya ?


Advertisement